Sunday, April 27, 2014

Pelajaran Psikologi, Coping dan Stress Dalam Film Gravity

Pemeran Utama sekaligus yang menjadi objek pengamatan: Insinyur biomedis Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock)



Dalam Film ini DR. STONE menghadapi  Stres fisiologis yang dimana stress ini dapat di lihat pada adegan dia saat terombang ambing setelah melepaskan kait pengaman saat pesawat ulang aliknya terkena serpihan dari satelit yang hancur.


Dikatakan mengalami stress Fisiologik karena:

  • Tekanan, timbul sebagai akibat tekanan. Tekanan dapat berasal dari dalam diri individu, misalnya cita-cita atau norma yang terlalu tinggi. Tekanan yang DR.Stone alami karena keadaan yang mendesak dirinya untuk segera mengambil keputusan
  • Krisis, yaitu keadaan yang mendadak, yang menimbulkan stres pada individu, misalnya kematian orang yang disayangi, kecelakaan dan penyakit yang harus segera operasi. Dalam hal ini DR.Stone menghadapi kejadian yang sangat mendadak dan memposisikannya.
Video diatas menunjukkan kejadian yang menjadi Stressornya DR. STONE sehingga membuat dirinya stress yang telah menyebabkan dirinya memasuki Stress tahap ke VI  yakni tahap tertinggi stress. Tahapan ini merupakan tahapan klimaks, seseorang mengalami serangan panik (panic attack) dan perasaan takut mati. Sehingga dirinya berhalusinasi bertemu kembali dan berbicara dengan Matt Kowalski (George Clooney) pemimpin Ekspedisi tersebut. 

Video berikut ini akan menunjukkan saat dokter Stone berhalusinasi tentang keberadaan Matt Kowalski



COPING YANG DILAKUKAN DR.STONE
  • Konsentrasi, yaitu kemampuan untuk memusatkan perhatian secara penuh pada persoalan yang dihadapi. Konsentrasi memungkinkan individu untuk terhindar dari pikiran-pikiran yang mengganggu ketika berusaha untuk memecahkan persoalan yang sedang dihadapi. Pada kenyataanya, justru banyak individu yang tidak mampu berkonsentrasi ketika menghadapi tekanan. Perhatian mereka malah terpecah-pecah dalam berbagai arus pemikiran yang justru membuat persoalan yang menjadi semakin kabur dan tidak terarah. Dan mampu me-recall tombol – tombol apa saja yang harus dia tekan pada saat mengoperasikan capsul penyelamat.
  • Penegasan Diri, yaitu individu berhadapan dengan konflik emosional yang menjadi pemicu strss dengan cara mengekspresikan perasaan-perasaan dan pikiran-pikirannya secara langsung tetapi dengan cara yang tidak memaksa atau memanipulasi orang lain. menjadi assertif tidak sama dengan tindakan agresi. Sertif adalah menegaskan apa yang dirasakan, dipikiran oleh individu yang bersangkutan, namun dengan menghormati dengan pemikiran dan perasaan orang lain. dewasa ini pelatihan-pelatihan dibidang asertifitas mulai banyak dilakukan untuk memperbaiki relasi antar manusia.
Video berikut menunjukkan coping yang dilakukan dokter Stone



SIFAT YANG DIMILIKI DR.STONE
  1. Emosi
  2. Berbakat pemimpin
  3. Dinamis, aktif
  4. Sangat memerlukan perubahan
  5. Harus memperbaiki kesalahan
  6. Berkemauan kuat dan tegas
  7. Tidak emosional dalam bertindak
  8. Tidak mudah patah semangat
  9. Bebas dan mandiri
  10. Penuh kenyakinan
Kesepuluh sifat tersebut merupakan ciri dari kepribadian koleris. Dr. Stone memiliki sifat- sifat tersebut,  sifat alamiah rasa pemimpinan dan begitu tegas, biasanya sifat Koleris ini jenis sifat kejiwaan yang benar-benar diuntungkan untuk menjadi seorang pemimpin yang bijak, Dr. Stone memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu yaitu kembali ke bumi dengan selamat meskipun adanya hantaman sampah lar angkasa. ia seorang yang berapi api, begitu aktif, praktis, cekatan dan mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan pendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Dr. stone merupakan  tipe orang yang suka dengan aktivitas. Hal tersebut tampak melalui keterlibatannya dalam suatu misi luar angkasa. Dia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi dia yang merangsang lingkungannya tersebut dengan ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran dan ambisinya. Dia bukan tipe yang gampang menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin membuat dia semakin maju.

Kelemahan Pada Kepribadian Koleris
Terkadang suka menyepelein orang lain, harus terkendali, tidak begitu membutuhkan seorang teman

2 comments:

  1. Penjelasannya cukup mudah dipahami, hanya di bagian "sifat yang dimiliki", apa yang dimaksud dengan "emosi"? thank you.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas tanggapannya, emosi maksudnya dr.stone meluapkan ekspresi dalam dirinya dengan intensitas yang tinggi.

      Delete