Monday, May 5, 2014

Badan/Lembaga/Kementerian Yang Memiliki PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) Asuhan Di Bawahnya (Pada Umumnya Beasiswa dan Ikatan Dinas)

Sebelum teman-teman memulai membaca blog berikut ini, ada satu hal yang harus teman-teman pastikan yaitu apapun yang saya tulis di blog ini adalah berdasarkan pemikiran dan pendapat penulis, jadi bukan berdasarkan riset ilmiah yang terukur seperti yang dilakukan LSI (Lembaga Survey Indonesia). oh iya, PTK yang di post di blog ini yang sudah umum didengar orang, jadi kalau ada yang berminat tambahin daftar sekolah silahkan post di comment.


Lembaga yang pertama adalah TNI (Tentara Nasional Indonesia) http://www.tni.mil.id. Visi dari TNI adalah terwujudnya pertahanan negara yang tangguh, dengan misi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta keselamatan bangsa. Untuk meningkatkan potensi dari anggota TNI maka dibentuklah Akademi yang mempersiapkan perwira TNI. Akademi tersebut antara lain:
  • Akmil (Akademi Militer) http://www.akmil.ac.id, Akmil memiliki visi ”Menjadikan Akademi Militer sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik yang profesional dan dicintai rakyat”. Ini dia logo dari Akmil

  • AAL (Akademi Angkatan Laut) http://www.aal.ac.id. AAL memiliki visi terwujudnya akademi angkatan laut yang mampu menghasilkan perwira TNIAL yang tanggap, tanggon dan trengginas. 


  • AAU (Akademi Angkatan Udara) http://aau.ac.id. AAU memiliki visi Unggul di bidang Iptek kedirgantaraan, melahirkan pemimpin berkarakter, profesional, modern, berintegritas dan berwawasan kebangsaan.
Lembaga yang kedua adalah Polri http://www.polri.go.id/ yang memiliki visi  Polri yang mampu menjadi pelindung Pengayom dan Pelayan Masyarakat yang selalu dekat dan bersama-sama masyarakat, serta sebagai penegak hukum yang profesional dan proposional yang selalu menjunjung tinggi supermasi hukum dan hak azasi manusia, Pemelihara keamanan dan ketertiban serta mewujudkan keamanan dalam negeri dalam suatu kehidupan nasional yang demokratis dan masyarakat yang sejahtera.
  • Akpol (Akademi Polisi) akpol.ac.id yang memiliki visi "menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan polisi profesional, cerdas, bermoral, dan modern yang berwawasan global dan berstandar internasional (world class police academy)." 
Lembaga yang ketiga adalah lembaga sandi negara http://www.lemsaneg.go.id yang memiliki visi "menjadi penyelenggara dan pembina tunggal persandian negara dalam menjamin keamanan informasi berklasifikasi milik pemerintah atau negara serta menyajikan hasil pengupasan informasi bersandi guna turut serta menjaga keamanan nasional." Satu-satunya sekolah asuhan dari lemsaneg adalah STSN yang berlokasi di Parung, Bogor. 
  • STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) http://stsn-nci.ac.id/ yang memiliki visi "Terdepan dalam keilmuan, pengembangan dan penerapan persandian".
Lembaga yang keempat adalah Kementerian Perhubungan http://www.dephub.go.id yang menurut saya tidak memiliki visi yang jelas (tidak terdapat di website). Adapun sekolah asuhannya adalah:
  • STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) http://www.stipjakarta.ac.id yang memiliki visi "Menjadi institusi pendidikan pelayaran bertaraf internasional yang menghasilkan sumber daya manusia pelayaran profesional." 
  • STPI (Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan) http://stpicurug.ac.id yang memiliki visi "Menghasilkan lulusan yang diakui secara nasional dan internasional untuk menuju pusat keunggulan (centre of excellence) yang berstandar internasional.
  • STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) sttd.ac.id yang memiliki visi "menjadikan STTD sebagai unggulan pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang transportasi darat yang profesional, andal, dan berdedikasi tinggi serta mendukung pelaksanaan otonomi daerah." 
  • Sebenarya masih ada beberapa sekolah lagi yang berada di bawah asuhan kementerian perhubungan, tapi menurut saya yang paling terkenal dan banyak diminati yang tiga ini doang.
Lembaga yang kelima adalah BPS (Badan Pusat Statistik) http://www.bps.go.id yang memiliki visi "Pelopor data statistik terpercaya untuk semua". Sekolah asuhannya adalah
  • STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) http://stis.ac.id yang memiliki visi "Menjadi institusi pendidikan profesional yang berkualitas dan unggul di  bidang statistik".

Lembaga yang keenam adalah Kementerian Keuangan http://www.kemenkeu.go.id/ yang memiliki visi "Kami akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang inklusif di abad ke-21" ya memang agak alay tapi kita harus hargai maksud dan tujuannya. 
  • STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) http://www.stan.ac.id, sepertinya STAN tidak memiliki visi yang jelas (tidak tertera dalam website).

Lembaga yang ketujuh adalah Kementria Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) http://www.esdm.go.id/, sayangnya tidak terdapat visi dalam website ini.
Lembaga yang kedelapan adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) http://www.kemendagri.go.id/ yang memiliki visi "Terwujudnya sistem politik yang demokratis, pemerintahan yang desentralistik, pembangunan daerah yang berkelanjutan, serta keberdayaan masyarakat yang partisipatif, dengan didukung sumber daya aparatur yang profesional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia."
  • IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) http://www.ipdn.ac.id yang memiliki visi "Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan yang terpercaya dalam mengemban tugas pengembangan ilmu, pembentukan perilaku kepamongan dan penyedia kader pemerintahan yang terampil". 
Lembaga yang kesembilan adalah BPN (Badan Pertanahan Nasional) http://www.bpn.go.id yang memiliki visi "Menjadi lembaga yang mampu mewujudkan tanah dan pertanahan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, serta keadilan dan keberlanjutan sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan Republik Indonesia."

  • STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional) http://www.stpn.ac.id/ yang memiliki visi "terbentuknya manusia susila, cakap, dan profesional dibidang teknis dan administrasi pertanahan serta mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan kepada masyarakat, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Tang Maha Esa, serta mempunyai jiwa pengabdian yang tinggi terhadap pemerintah, bangsa, dan negara."


Sebenarnya masih banyak Lembaga/Badan Negara RI yang memiliki sekolah/perguruan tinggi kedinasan, tapi yang paling populer dan umumnya diketahui masyarakat adalah seperti yang telah disebutkan di atas. Kalau ada yang mau promosi sekolah silahkan post di comment, nanti admin tambahin.

No comments:

Post a Comment